Bagaimana Menghadapi Pertanyaan Karyawan yang Bermusuhan
Itu bisa terjadi dalam pertemuan bisnis apa pun: Beberapa karyawan yang tidak senang mengajukan pertanyaan yang di luar topik, hanya terkait dengan situasi mereka sendiri, atau untuk mendorong agenda lain. Bagaimana Anda menanggapi karyawan yang tidak puas dan pertanyaan-pertanyaan yang menantang adalah penting karena hal itu mengirimkan pesan kepada karyawan lain tentang sikap dan filosofi yang dipegang oleh manajemen — bahkan ketika sikap itu belum tentu milik perusahaan itu sendiri.
Strategi berikut dapat membantu Anda menanggapi dengan tepat karyawan yang mencoba menimbulkan masalah dalam rapat bisnis.
Mendevaluasi Satu Karyawan Merendahkan Orang Lain
Jika Anda merendahkan satu karyawan, rekan-rekan mereka mungkin juga merasa tidak dihargai. Misalnya, jika Anda menghina satu pekerja lini perakitan, Anda menghina mereka semua. Jika Anda mengkritik satu sekretaris, orang lain mungkin juga akan merasa dikritik. Bahkan jika Anda membuat pernyataan carte blanche; "dukungan teknis gagal melakukan pekerjaan mereka, tetapi kami sedang berupaya untuk mempercepatnya" Anda meremehkan rekan kerja, teman, rekan kerja karyawan lain dan mengirim pesan diam jika manajemen akan secara terbuka mencambuk satu orang atau departemen, mereka dapat mencambuk Anda , juga.
Memberikan Arahan tetapi Tidak Memenuhi Waktu Tayang
Jika seseorang mengajukan pertanyaan yang bermusuhan, tidak berhubungan, atau tidak pantas, arahkan orang yang mengajukan pertanyaan itu dengan perintah atau instruksi tertentu, seperti menuliskannya kepada manajemen sehingga Anda punya waktu untuk mempertimbangkan masalah atau ide dengan cermat nanti.
Anda mungkin dapat menyebarkan pertanyaan yang sangat mudah berubah dengan menyertakan orang yang mengajukan pertanyaan daripada mengecualikannya. Misalnya, Anda mungkin menyarankan mereka membuat agenda pertemuan singkat tentang topik itu atau daftar masalah. Pastikan untuk memberi mereka orang tertentu untuk mengirimkannya secara tertulis. Jika Anda tidak menawarkan serangkaian instruksi yang jelas, Anda terdengar meremehkan. Jika Anda tidak yakin siapa titik kontak yang tepat, katakan demikian, dan mintalah karyawan tersebut untuk menelepon atau mengirim email kepada Anda nanti setelah Anda memiliki waktu untuk mencari tahu kepada siapa mereka harus mengajukan pertanyaan.
Dalam kebanyakan situasi, penting agar Anda tidak langsung menjawab pertanyaan bermusuhan karena:
- Ini memberikan kredibilitas pada pertanyaan (itu pasti menjadi masalah jika Anda mengambil begitu banyak waktu untuk menjawabnya);
- Itu bisa membuat Anda tampak defensif (terutama jika Anda lengah); dan
- Segera setelah Anda memberikan "waktu tayang" untuk rapat, atau menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menjawab satu penanya yang marah, Anda mungkin berakhir dengan orang lain yang ikut campur karena "fenomena kerumunan".
Fenomena kerumunan menggambarkan ketika seorang individu yang mungkin tidak melakukan atau mengatakan sesuatu sendiri merasa diberdayakan ketika orang lain melakukan sesuatu, bergabung dengan apa pun yang dilakukan orang lain dalam kelompok atau kerumunan. Dalam sebuah rapat, jika satu orang lolos dengan meluangkan waktu, orang lain cenderung mencoba untuk bergabung dengan agenda, masalah, atau pertanyaan mereka sendiri.
Jangan pernah membuat pernyataan yang merendahkan orang tersebut secara langsung atau tidak langsung. Jika Anda mengatakan sebuah pertanyaan tidak berdasar dan tidak pantas mendapat jawaban, pesan yang mungkin didengar audiens adalah bahwa Anda mengabaikan kekhawatiran yang mereka miliki.
Validasi Tanpa Setuju
Anda dapat memvalidasi pertanyaan seseorang tanpa menilainya di luar perasaan orang lain. Validasi hanyalah pengakuan bahwa sesuatu itu penting atau memiliki nilai bagi orang lain — bahkan jika tidak bagi orang lain.
Dengan memasukkan pernyataan seperti, "Saya mengerti mengapa Anda menganggap itu penting," atau "Jelas situasinya membuat Anda kesal," tidak sama dengan mengakui bahwa Anda setuju.

Komentar
Posting Komentar