15 SUKU CADANG MOBIL PALING SERING DIGANTI

 



15 SUKU CADANG MOBIL PALING SERING DIGANTI


Meskipun semua merek mobil besar memiliki perbedaan, sebagian besar mobil dirancang dan dibuat menggunakan prinsip kerja dasar yang sama. Ini juga berarti bahwa sebagian besar kendaraan cenderung memiliki masalah yang sama seiring bertambahnya usia.

Ya, konfigurasi powertrain yang berbeda, fitur keselamatan khusus, dan peralatan khusus merek dapat membawa masalah mobil yang berbeda tetapi, ketika sampai pada elemen utama dan sistem yang paling dasar, mobil sering kali perlu pergi ke bengkel untuk alasan yang sama. Tidak masalah jika komponen rusak karena mengalami lebih banyak tekanan daripada yang lain atau desain awalnya cacat, beberapa suku cadang mobil hanya perlu diganti lebih sering daripada yang lain.

Dikutip dari Tips-tips Menarik untuk memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang komponen yang mungkin perlu Anda ganti di masa depan atau mana yang harus dicurigai terlebih dahulu ketika terjadi masalah mobil, berikut adalah daftar 15 suku cadang otomotif yang paling sering diganti.


Suku cadang perawatan rutin

1. Filter oli

Apa pun jenis atau model kendaraan yang Anda miliki, bagian yang paling perlu Anda ganti adalah filter oli. Sistem pelumasan sangat penting untuk pengoperasian yang tepat dari setiap mesin pembakaran internal. Tergantung pada pabrikan mobil, bagaimana sistem pelumasan kendaraan Anda dirancang, dan jenis oli yang digunakan, Anda perlu mengganti oli mesin dan filter oli setiap 5.000 km hingga 20.000 km.


2. Saringan udara

Filter udara mesin juga perlu diganti secara teratur. Sebagian besar produsen mobil akan merekomendasikan penggantian sekitar 40.000 km tetapi Anda benar-benar perlu menggantinya hanya jika kotor atau tersumbat. Mengemudi secara teratur di jalan yang tidak beraspal atau berkerikil akan sangat memperpendek umur filter udara Anda.

Gagal mengganti filter udara yang kotor akan meminimalkan aliran udara ke mesin dan akan mengurangi efisiensi bahan bakar kendaraan Anda. Filter udara biasanya cukup murah jadi jangan ragu untuk menggantinya saat dibutuhkan.

Jika Anda sering berkendara di luar jalan raya atau tinggal di iklim yang berdebu atau gersang, memasang filter udara "basah" mungkin merupakan ide yang baik untuk menghemat uang untuk penggantian filter udara. Filter jenis ini dapat dibersihkan dan digunakan kembali tanpa batas waktu. Berhati-hatilah bahwa filter "basah", tidak seperti filter kering, perlu diminyaki dengan benar untuk melakukan tugasnya. Sebuah filter yang basah tidak dibersihkan, diminyaki dan dipelihara cukup sering akan menyebabkan lebih berbahaya daripada baik untuk mesin Anda pada akhirnya.


3. Sabuk penggerak

Karena alternator, pompa air, pompa oli, power-steering (kecuali mobil Anda dilengkapi dengan sistem power-steering elektrik), dan kompresor A/C semuanya ditenagai oleh sabuk penggerak, kendaraan Anda tidak akan pergi sejauh itu tanpa sabuk penggerak dalam kondisi kerja yang baik.

Meskipun sabuk penggerak diproduksi menggunakan jenis karet yang dibuat khusus untuk menahan celah suhu sebesar mungkin, karet akan mengering dan akan mulai retak seiring waktu.

Ketika retakan cukup besar, sabuk akan mengendur dan bisa tergelincir pada puli, menghasilkan suara memekik. Ketika itu terjadi, gagal menggantinya tepat waktu dapat menyebabkan sabuk robek dan akhirnya membuat mobil berhenti. Tanpa sabuk penggerak, alternator tidak dapat melakukan tugasnya lagi dan mobil akan berhenti segera setelah daya baterai habis.

Belt harus diperiksa pada setiap penggantian oli dan diganti segera setelah permukaan kaca atau retak terdeteksi.


4. Filter kabin

Filter kabin, juga disebut filter serbuk sari, digunakan untuk membersihkan udara yang masuk ke kabin dari kontaminan seperti serbuk sari dan debu. Filter kabin yang tersumbat akan sangat mengurangi efisiensi sistem kontrol iklim Anda. Tidak ada interval servis tetap untuk bagian ini karena bergantung pada iklim tempat Anda tinggal, jenis jalan yang Anda lalui, dan jarak tempuh yang Anda kendarai setiap tahun.

Sebagian besar filter kabin terletak di belakang kotak sarung tangan dan mudah diganti. Cukup lepaskan kotak sarung tangan, lepaskan penutup filter kabin dan tarik keluar filternya. Mengganti filter kabin membutuhkan waktu maksimal 10 menit dan sebagian besar dealer mobil sering kali mengenakan biaya lebih dari $60 untuk melakukannya.


5. Bantalan rem dan rotor

Tepat setelah penggantian oli dan pekerjaan perawatan rutin, penggantian bantalan rem dan rotor adalah pekerjaan paling umum yang harus dilakukan mekanik setiap hari. Rem digunakan setiap kali Anda mengemudikan mobil, sehingga harus diganti dari waktu ke waktu.

Saat Anda menginjak pedal rem, bantalan rem ditekan ke rotor dan memperlambat mobil. Menggosok kedua komponen satu sama lain akan menyebabkan mereka aus dan perlu diganti.

Selanjutnya, dalam situasi rem darurat, suhu rotor akan naik secara tiba-tiba dan dapat menyebabkan rotor bengkok. Rem cakram yang melengkung akan membuat pedal rem bergetar dan akan menyebabkan keausan dini pada bantalan rem.

Untuk memastikan rem Anda bertahan sesering mungkin, pastikan sistem rem Anda diservis setiap tahun atau 24.000 km, tergantung mana yang lebih dulu.


6. Sensor kecepatan roda

Sensor Kecepatan Roda

Setiap kali lampu peringatan ABS muncul di dasbor, masalahnya biasanya terkait dengan sensor kecepatan roda. Sensor ini terletak di buku-buku jari, menunjuk ke arah cincin sensor kecepatan yang dipasang pada poros penggerak atau bantalan roda.

Karena lokasinya, mereka terus-menerus terpapar ke elemen luar saat Anda mengemudikan mobil. Mereka dipenuhi salju dan garam di musim dingin dan air dan kotoran di musim panas. Akibatnya, karat yang menyusup ke sensor dan merusak komponen bagian dalam merupakan hal yang umum, yang menyebabkan pembacaan yang salah dan DTC terekam di PCM.

Menggunakan alat pindai OBD2 untuk membaca kode DTC akan memberi tahu Anda sensor mana yang rusak dan tidak lagi mengirim data ke modul powertrain. Jika ragu, uji output tegangan pada konektor sensor kecepatan roda yang dicurigai. Lihat manual perbaikan kendaraan Anda untuk spesifikasi yang benar dan ganti sensor kecepatan roda jika nilainya di luar ambang batas normal.


7. Tautan penstabil

Tautan penstabil

Komponen suspensi terus-menerus di bawah tekanan. Mereka harus menyerap guncangan yang datang dari semua gundukan dan lubang di jalan. Oleh karena itu, wajar jika suku cadang mobil ini perlu diganti lebih sering daripada yang lain. Tautan penstabil, sejauh ini, adalah bagian mobil yang paling umum rusak dalam sistem suspensi.


Ini mungkin benar atau tidak, tergantung pada model mobil yang Anda kendarai. Pabrikan mobil menggunakan desain tautan yang berbeda, dan beberapa di antaranya lebih efisien dan andal daripada yang lain. Misalnya, Pengisi Daya Dodge jarang memiliki masalah tautan penstabil karena lebih besar dan lebih kokoh daripada kebanyakan. Hyundai dan sebagian besar kendaraan Korea, di sisi lain, sering kali perlu mengganti satu atau dua tautan setiap 30.000 km atau lebih.


Sebaliknya, link stabilizer pada mobil Korea seringkali cukup murah dan biasanya dapat diganti dalam waktu kurang dari 1 jam sementara masalah suspensi lainnya pada mobil Amerika mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk diperbaiki dan pada akhirnya lebih mahal.


8. Sendi bola


Sambungan bola digunakan untuk memungkinkan roda depan Anda bergerak pada sumbu vertikal. Setiap kali mobil Anda menabrak celah atau gundukan kecil di jalan, sambungan bola diminta.


Sambungan bola dilumasi dari pabrik dan segel karet digunakan untuk mencegah masuknya air dan kotoran. Setelah beberapa saat, segel akan mengering, retak dan karat akan mulai menumpuk di bagian bawah sambungan bola, mendorong minyak keluar.


Air juga akan bisa masuk dan akan membersihkan sisa minyak, Kapan pun itu terjadi, sambungan bola akan menjadi longgar di soket dan suara ketukan akan terdengar setiap kali roda membentur gundukan dan suara memekik terdengar saat roda kemudi diputar.


Sambungan bola yang longgar dapat diuji dengan roda diangkat pada dongkrak, dengan menggoyangkan roda ke atas dan ke bawah. Jika roda telah bermain di dalamnya, sambungan bola rusak, dan perlu diganti.


Sadarilah bahwa gagal mengganti ball joint yang longgar dapat menyebabkan perbaikan yang lebih mahal dan bahkan kecelakaan mobil.


9. Kontrol bushing lengan

Busing ini terletak di ujung lain dari lengan kontrol yang menahan sambungan bola. Mereka biasanya tidak termasuk sambungan berputar seperti sambungan bola dan sebagai gantinya menggunakan busing poliuretan untuk memungkinkan lengan naik dan turun. Seperti halnya komponen karet lainnya, mereka cenderung mengering dan retak seiring waktu.


Dalam kebanyakan kasus, ketika busing lengan kontrol rusak, Anda harus dapat melihat bagian lengan bagian dalam meluncur keluar dari busing. Ketika itu terjadi, suara "benturan" atau logam yang rendah akan terdengar saat mengemudi di atas lubang.


Tergantung pada model mobilnya, penggantian bushing lengan kendali mungkin mahal. Misalnya, Mazda 3 dilengkapi dengan busing depan yang dipasang di baut yang dapat diganti dalam waktu sekitar satu jam, sementara penggantian busing belakang pada Ford Explorers memerlukan pembongkaran total drivetrain belakang dan sekitar 6-7 jam kerja.


Pabrikan mobil telah merancang busing yang lebih baik dan lebih andal dalam beberapa tahun terakhir. Busing lengan kontrol yang rusak mungkin tidak sesering dulu pada kendaraan yang lebih baru. Namun, jika Anda memiliki mobil yang dibuat sebelum tahun 2015, bersiaplah untuk mengganti busing ini setelah mobil berusia minimal 8 tahun.


10. Peredam Kejut


Peredam kejut, juga disebut penyangga suspensi, sedikit berbeda. Tidak seperti komponen suspensi lain yang disebutkan sebelumnya, mereka jarang perlu diganti karena air menyebabkan karat dan membuat permainan di dalamnya. Sebaliknya, struts biasanya perlu diganti karena bocor.


Oli yang terkandung di dalam peredam kejut digunakan untuk menyerap ketidakrataan jalan. Saat seal mengering, oli akan mulai bocor di sekitar shock rod dan level oli akan turun secara bertahap hingga strut tidak memiliki efek peredam lagi. Setelah level cairan di dalam shock mencapai level tertentu, Anda akan dengan mudah memperhatikan bagaimana mobil mulai memantul dalam waktu yang berlebihan setelah setiap benturan di jalan.


Untuk mengujinya, goyangkan mobil saat diparkir di permukaan yang rata dan hitung jumlah pantulan setelah Anda melepaskannya. Suspensi normal harus menghentikan mobil dari bergerak dalam pantulan 1½. Memeriksa shock secara visual juga dapat membantu. Jika kejutannya berminyak, oli bocor di suatu tempat, dan harus segera diganti.


Sistem kemudi

11. Batang dasi bagian dalam dan ujung batang dasi


Tie rod dan ujung tie rod melakukan pekerjaan yang sama seperti ball joint, hanya jika memungkinkan roda bergerak secara horizontal, bukan vertikal. Mereka dibangun mengikuti prinsip dasar yang sama dan dengan demikian tunduk pada cacat yang sama. Karat biasanya bisa masuk di antara bola dan rumahnya dan akan menyebabkan permainan di roda.


Proses pemeriksaannya juga sama dengan ball joint. Angkat mobil dan periksa apakah ada permainan sambil menggoyangkan roda dari sisi ke sisi. Berhati-hatilah bahwa tie rod bagian dalam yang longgar akan terasa sama dengan ujung tie rod yang longgar. Untuk mengisolasi masalah, sentuh kedua komponen secara bergantian sambil menggoyangkan roda.


Jika Anda memiliki akses ke kerekan mobil, menarik setiap komponen secara bergantian sambil menggoyangkan roda juga dapat membantu. Jika permainan menghilang saat Anda menarik ujung tie rod, masalahnya berasal dari komponen itu. Jika tidak, masalahnya berasal dari batang pengikat bagian dalam dan perlu diganti.


Sistem pengapian

12. Busi


Pada semua mesin pembakaran internal, tugas busi adalah menyalakan campuran udara/bahan bakar untuk menciptakan ledakan dan pada akhirnya membuat mobil bergerak maju. Busi harus menahan tekanan yang sangat besar setiap kali terjadi ledakan. Pada putaran mesin biasa pada 2000rpm, setiap busi akan menyala 1000 kali per menit dan setiap ledakan dapat menghasilkan tekanan yang mencapai lebih dari 30.000 lb/ft2. Suhu di dalam silinder juga bisa mencapai lebih dari 4.500 °F tepat setelah ledakan.


Seiring berjalannya waktu, elektroda tengah akan aus dan kebakaran bisa terjadi. Panas yang berlebihan juga dapat menyebabkan isolator retak dan busi yang rusak akan menjadi hubung singkat dan tidak akan menyala lagi. Ketika itu terjadi, tidak ada yang bisa dilakukan selain mengganti busi sama sekali.


Berbagai jenis busi perlu diganti pada interval yang berbeda. Misalnya, busi tembaga murah biasanya bertahan sekitar 50.000 km sedangkan busi iridium sering bertahan lebih dari 120.000 km. Busi Iridium dapat berharga 5 hingga 10 kali lipat lebih mahal daripada yang standar.


Memilih yang tepat untuk kendaraan Anda tergantung pada seberapa rumit penggantian busi. Jika memasang busi baru membutuhkan pembongkaran intake manifold seperti pada mesin V6, misalnya, memasang busi iridium mungkin merupakan ide yang bagus.


Sistem Manajemen Mesin

13. Sensor O2


Sensor O2 digunakan untuk mengatur campuran udara/bahan bakar yang masuk ke mesin. Mereka dipasang di lokasi yang berbeda pada sistem pembuangan dan memantau jumlah bahan bakar yang tidak terbakar dalam asap knalpot secara real-time. Sekali lagi, komponen yang mengalami suhu yang lebih tinggi dan tekanan yang berlebihan cenderung paling sering gagal.


Pada sebagian besar kendaraan, sensor O2 dipasang tepat di manifold buang dan sensor lainnya tepat setelah catalytic converter kedua. Tentu saja, ini adalah bagian terpanas dari sistem pembuangan.


Suhu tinggi seperti itu dalam waktu lama pasti akan merusak komponen internal sensor O2 dan harus diganti. Jika tidak, rasio udara/bahan bakar yang salah akan sangat mengurangi efisiensi bahan bakar kendaraan Anda. Mengemudi dengan sensor O2 yang buruk juga dapat menyebabkan kerusakan tambahan pada komponen mahal lainnya seperti catalytic converter dan sistem kontrol emisi.


Sistem pengisian daya

14. Baterai


Bagian otomotif lain yang sering diganti tergantung di mana Anda tinggal adalah baterai. Dingin adalah musuh nomor satu aki mobil hanya karena reaksi kimia di dalamnya berlangsung lebih lambat dalam cuaca dingin. Suhu di bawah nol bahkan secara perlahan akan menguras daya yang terkandung di dalam baterai dan juga akan membebani komponen di dalam seperti pelat katoda.


Setelah beberapa saat, saat pelat menurun, baterai tidak akan mampu menahan daya yang cukup untuk memungkinkan mobil hidup. Situasi seperti itu akan diperburuk selama musim dingin karena menyalakan mobil juga membutuhkan tenaga lebih dari biasanya.


Di sisi lain, cuaca hangat juga merusak aki mobil karena meningkatkan sulfasi dan kehilangan air. Jika Anda tinggal di iklim kering atau tropis, membeli aki mobil dengan tutup perawatan dapat membantu Anda memperpanjang umurnya karena dapat diisi ulang dengan elektrolit saat menguap.


Baterai biasa akan bertahan 4 hingga 5 tahun bila digunakan dalam kondisi cuaca yang optimal tetapi akan cepat melemah setelah 3 tahun. Sebagian besar pemilik mobil yang tinggal di atas paralel ke-45 dan di bawah tropis Cancer harus mengganti baterai mereka setiap 3 tahun atau pada tanda pertama kelemahan.


15. Alternator


Sebagai komponen utama lain dari sistem pengisian, alternator juga mengalami perubahan suhu yang besar dan sangat bergantung pada kesehatan aki mobil Anda. Seiring bertambahnya usia baterai Anda, alternator akan menghasilkan lebih banyak daya untuk menebus kurangnya efisiensi baterai dan yang sering menyebabkan kerusakan dini.


Selama musim dingin, alternator juga lebih diminta karena mobil Anda membutuhkan lebih banyak tenaga untuk mengoperasikan sistem kontrol iklim, pencairan belakang, kursi berpemanas, dan aksesori tambahan terkait musim dingin lainnya.


Alternator digerakkan oleh sabuk dan berputar kira-kira 4 sampai 5 kali lebih cepat dari mesin. Artinya saat mesin berputar 3.000rpm, puli alternator berputar di sekitar 12.000-15.000rpm. Tidak sulit untuk memahami mengapa bantalan alternator yang tipis dapat aus dan mulai menghasilkan kebisingan di beberapa titik.


Penting untuk disebutkan bahwa, sama seperti kesehatan baterai berdampak pada umur alternator, kebalikannya juga benar. Sebuah alternator yang rusak akan menguras baterai dan akan mempengaruhi umur yang diharapkan. Untuk memastikan kedua komponen bertahan selama mungkin, pastikan untuk menguji alternator Anda setidaknya setahun sekali, sebaiknya sebelum musim dingin.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat Kesehatan Mata

Mainkan Kunci Gitar Lebih Cepat

Keuntungan Pengiriman Paket Kecil